Memiliki sebuah rumah merupakan impian dari banyak orang. Untuk memiliki sebuah rumah kita dapat membelinya ke pengembang perumahan atau membangunnya sendiri. Kebanyakan orang memilih untuk membeli dari pada membangun dengan alasan agar tidak repot. Namun terkadang kita sering menjadi dilema mempertimbangkan antara membeli rumah baru atau membeli rumah bekas. Tentu kita tidak mau mengalami penyesalan setelah membeli rumah, maka dari itu kita harus mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang. Nah untuk mempertimbangkanya yuk simah Perbandingan antara beli rumah baru atau bekas di bawah ini.

Pertimbangan Membeli Rumah Baru Atau Bekas

 1. Membeli Rumah Baru

  • Desain rumah mengikuti perkembangan zaman

Seiring perkembangan zaman, desain rumah memiliki beberapa perubahan. Tentunya perubahan ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang diperlukan.

  • Tidak perlu renovasi ulang

Rumah baru tentu merupakan rumah yang memang benar-benar baru dibangun. Tentunya rumah ini tidak perlu renovasi ulang serta bentuk rumah yang sudah disesuaikan dengan pilihan kita. Selain itu jika terjadi kerusakan biasanya pihak pengembang akan memberikan jaminan garansi bila terjadi kerusakan pada rumah tersebut.

  • Harganya yang relatif tinggi

Perlu diketahui harga rumah biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Hal ini bisa dipengaruhi berdasarkan lokasi dari rumah tersebut dan fasilitas yang diberikan pengembang perumahan. Lokasi yang strategis biasanya menjadi faktor utama yang membuat harga rumah baru relatif tinggi.

  • Bisa dibeli secara KPR

Disamping harganya yang realtif mahal, rumah baru bisa dibeli secara KPR atau sering kita dengar dengan kredit rumah. Harga rumah yang  tinggi membuat kita sering menunda pembelian rumah menunggu uangnya terkumpul, sedangkan harga rumah setiap tahunnya selalu naik.

2. Membeli Rumah Bekas

  • Harganya terbilang murah

Berbeda dengan rumah baru, biasanya rumah bekas memiliki harga yang bisa dibilang murah. Hal ini dikarenakan rumah bekas memiliki kondisi yang tidak sama dengan rumah baru.

  • Bisa langsung ditempati

Walau memiliki kondisi yang tidak sama seperti rumah baru, rumah ini bisa langsung ditempati ketika sudah dibeli tanpa harus menunggu waktu pembangunannya.

  • Desain rumah yang jadul

Dikarenakan rumah ini sudah terbangun dan bahkan sudah digunakan sebelumnya maka rumah ini biasanya memiliki desain yang terkesan kuno atau jadul. Meskipun memiliki desain yang jadul, namun tidak mengurangi nilai fungsi dari rumah ini sendiri.

  • Memerlukan renovasi

Terkadang rumah ini memerlukan beberapa renovasi, hal ini dikarenakan ada beberapa kerusukan akibat termakan usia atau kita yang menginginkan desain rumah sesuai keinginan kita.

  • Tidak bisa dibeli secara KPR

Berbeda dari rumah baru yang bisa dibeli secara KPR, rumah bekas pada umumnya tidak dapat dibeli secara KPR karena pihak bank yang tidak mau mengambil resiko untuk mendanai pembelian rumah bekas.

Baca Juga: Tips Memilih Rumah Pertama Yang Baik dan Benar

Nah itu dia beberapa pertimbangan antara rumah baru atau rumah bekas, semoga informasi ini bisa menjawab kegalauan kalian yang mau beli rumah