Di musim penghujan seperti sekarang ini, banjir merupakan dampak yang sering dialami. Beberapa daerah, terutama yang berdataran rendah, kerap kali dibuat pusing ketika intensitas hujan yang turun mulai berlangsung lama, siap-siap kita akan mengalami banjir. Banjir yang terjadi tentu sangat merepotkan, apalagi ketika air banjir sudah masuk ke dalam rumah dan membuat peralatan rumah menjadi rusak dan rumah menjadi sarang penyakit. Karena itu kita harus mengantisipasi banjir. Ada beberapa cara agar rumah tahan banjir.

Cara Agar Rumah Tahan Banjir

Mungkin Anda berpikir akan sulit untuk menghindari banjir, apalagi tempat Anda ditnggal berada di dataran yang rendah. Walau begitu, ada beberapa cara yang praktis dan dapat dengan mudah Anda praktikan untuk mencegah banjir masuk ke dalam rumah. Seperti berikut ini:

Membuat Lubang Biopori

Lubang biopori atau sumur resapan menjadi salah satu cara agar air bisa meresap ke dalam tanah. Salah satu penyebab banjir adalah karena air di permukaan tidak terserap dengan semestinya oleh tanah.

Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah, biasanya mempunya diameter 10-30 cm selain itu juga, lubang harus diisi oleh sampah organik sebagai makanan biota tanah seperti cacing, dan akar tanaman. Dengan cara begitu, air lebih mudah untuk terserap ke tanah dan tidak ada genangan yang menyebabkan banjir. Saat ini, untuk membuat lubang biopori caranya mudah, bahkan sudah ada alat-alat yang dapat dibeli di pasar.

Mengeruk Tanah

Jika posisi rumah Anda lebih rendah dari permukaan jalan, Anda harus mengeruk tanah di sekitaran area rumah Anda, namun dalam melakukannya Anda perlu mempertimbangkan level lantai rumah.

Bila Anda tidak ingin menimbun semua halaman rumah Anda, untuk tetap terhindar dari banjir Anda dapat membuat tanggul di perkarangan rumah dengan agak tinggi. Hal ini dapat menjadi penghalang air untuk masuk ke dalam rumah.

Meninggikan Lantai Rumah

Ini adalah salah satu solusi jitu agar banjir tidak bisa masuk ke dalam rumah. Namun, meninggikan lantai rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit dan perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Sebelum Anda memutuskan untuk meninggikan lantai rumah, perhatikan terlebih dahulu tinggi plafon, utilitas di bawah laintai, dan beberapa hal lainnya yang akan membuat Anda melakukan renovasi besar-besaran.

Pentingnya Memilih Hunian yang Tepat

Memiliki rumah yang tepat adalah ha yang penting, sebagai hunian tentu rumah harus membuat penghuninya merasa aman dan nyaman. Oleh sebab itu, sebelum Anda membeli rumah, pastikan lah beberapa hal, termasuk apakah lokasi tersebut menjadi langganan banjir, apakah lokasi tersebut mempunyai saluran dereinase yang baik. Hal seperti itu yang bisa Anda perhatikan untuk memastikan rumah Anda bebas dari banjir.